Pages

Ads 468x60px

Sabtu, 08 Juni 2013

Hedonisme Pada Remaja



Dewasa ini, sikap hedonisme kian tumbuh subur di Indonesia. Parahnya lagi sebagian besar manimpa pada usia remaja. Hedonisme merupakan pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.  Atau lebih tepatnya, setiap remaja ingin memperoleh suatu kesenangan, kenikmatan ataupun kesuksesan tanpa menghargai proses.
Salah satu faktor penyebab sikap hedonisme berasal dari keluarga. Remaja sekarang banyak dimanja oleh orangtua. Mereka memberi semua yang diinginkan anaknya tanpa memberi keleluasaan pada anak. Akibatnya remaja mejadi terbiasa mendapatkan apa yang diinginkan tanpa melalui usaha yang keras. Dibandingkan dengan remaja atau orang-orang dulu yang harus bekerja keras terlebih dahulu untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya.

Memang memanjakan anak adalah hak orangtua. Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya senang. Orangtua mungkin bermaksud baik dengan memberikan semua hal pada remaja, namun dampaknya akan berpengaruh negatif karena remaja akan sangat bergantung pada orangtua. Secara tidak sadar, hal tersebut akan menumbuhkan sikap hedonisme pada remaja.

Tidak hanya dalam keluarga, sikap hedonisme pada remaja juga diajarkan oleh masyarakat. Masyarakat saat ini sering beranggapan bahwa menjadi artis atau menjadi bintang film akan cepat mendatangkan materi dibandingkan dengan mereka yang sekolah, kuliah, kursus, dan sebagainya.

Untuk menghindarkan semakin tumbuhnya sikap hedonisme pada remaja harus melalui pendidikan sikap dan perilaku. Pendidikan sikap dan perilaku tersebut tidak hanya menjadi tanggungjawab guru di sekolah, tetapi juga keluarga dan juga masyarakat.
Orangtua  perlu mengajarkan remaja tentang pola hidup sederhana dalam kegiatan sehari-hari. Biasakan untuk tidak terlalu memanjakan anak. Semua keinginan anak tidak harus dituruti. Bisa juga ketika anak menginkan sesuatu  maka orangtua memberikan target yang harus dicapai oleh anak. Misalnya apabila juara satu di kelas maka akan dibelikan laptop, dan sebagainya.
Comments
2 Comments

2 komentar:

Fjar RahmanSyah mengatakan... Reply Comment

Selamat pagi kk..
udah lama nih saya ga mampir ke blog lu..
kangen nih, wkowkowkow

commentback ya di http://url-me.tk/artikelnews

Yogi Cahya mengatakan... Reply Comment

@Fjar RahmanSyah:
ane juga lama g nge-blog mas
mau comentback tp ntu link-nya kq g bisa dibuka ya?
tolong dicek lagi mas..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...